About Me

Foto saya
I feel something is weird. Something is obsessing me. I like this, but I hate this.

Minggu, 24 Mei 2009

'Blob', Teka-teki Baru di Awal Pembentukan Jagat

TEMPO Interaktif, Washington: Sebuah "blob" raksasa aneh di luar angkasa yang teridentifikasi ketika jagat raya masih sangat belia telah menjadi teka-teki bagi para astronom. Menggunakan teleskop di antariksa dan juga di Bumi, para astronom melihatnya ketika jagat raya baru berusia 800 juta tahun dan menemukan proporsi dan juga skala waktu yang tidak wajar padanya.


Masami Ouchi, astronom di Carnegie Observatories di Pasadena, California, Amerika Serikat, yang memimpin studi melihat ke masa lampau itu, mengungkapkan bahwa "blob" berisi gas, besar, dan memancarkan sejenis radiasi tertentu. Ouchi dan ilmuwan lainnya tidak tahu bagaimana menyebut obyek itu dan hanya menyebutnya sesederhana, "blob" yang memancarkan radiasi.

Namanya yang lebih formal, Himiko, diambil dari nama legenda ratu Jepang. Semua istilah nama dan keanehan itu akan dimuat dalam laporan yang diterbitkan Astrophysical Journal bulan depan.

"Teka-tekinya adalah benda apa itu?," kata Richard Ellis, astronom di California Institute of Technology, yang tidak terlibat dalam tim Ouchi tapi memuji temuan tersebut. "Sering kali sebuah teka-teki menjadi pintu untuk sebuah terobosan baru. Hidungku mengendus bahwa obyek yang satu ini istimewa," katanya.

Ouchi dan Ellis mengungkapkan sebuah kemungkinan tentang obyek itu bahwa mereka secara tidak sengaja menangkap momen sebuah galaksi yang terbentuk pada awal pembentukan jagat raya. Fenomena seperti itu belum pernah tertangkap sebelumnya.

Semakin para astronom meneropong lebih jauh, semakin mereka mundur dalam hal waktu. Apa yang ditemukan Ouchi dan timnya berasal dari masa 12,9 miliar tahun lalu. Selama ini cuma ada tiga obyek yang bisa dilihat lebih jauh dari Himiko. Tapi yang lebih unik darinya adalah ukurannya yang sebesar cakram Galaksi Bimasakti.

Menurut banyak teori dari pembentukan jagat raya, tidak ada yang diduga bisa seukuran itu pada masanya. Lagi pula, "Obyek lain yang sudah ada saat itu juga jauh lebih kecil," kata Ouchi.

Kemungkinan lain, "blob" merupakan tumbukan dua galaksi. Atau malah terkait dengan luang hitam. Masih misterius.

1 komentar: