About Me

Foto saya
I feel something is weird. Something is obsessing me. I like this, but I hate this.

Sabtu, 26 November 2011

PATRIOT Part1

PATRIOT yang merupakan tema dari LKMM Pra TD ini adalah singkatan dari prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner, tanggung jawab.
Prestatif adalah sikap yang selalu menginginkan sebuah pencapaian di bidang apapun. Prestasi adalah pencapaian kita. Prestasi ini adalah selisih antara harapan dengan pencapaian kita. Di mana semakain kecil selisihnya, maka senakin tinggi pula prestasi kita. Prestasi ini tidak diukur dari jumlah juara yang kita dapatkan, namun diukur dari tingkat kepuasan kita. Jika kita sudah puas terhadap apa yang kita dapatkan walaupun bagi orang lain hasil tersebut adalah buruk. Sementara prestasi ini selain menghasilkan kepuasan tersendiri bagi pesertanya juga dapat meningkatkan pendapatan. Jika menurut orang lain prestasi kita lebih tinggi dari yang dia harapkan makan maka orang tersebut bisa memanfaatkan kita untuk menuntaskan suatu pekerjaan. Hal ini tentu saja dapat menguntungkan kita di mana kita bisa mendapatkan penghasilan untuk hidup kita sehari-hari.

Aktif bisa berarti sering melakukan sesuatu yang berguna di semua aspek. Aktif di dalam forum berarti tidak hanya diam dan mengacuhkan pembicara saat ada sebuah forum, tetapi ikut berpartisipasi berbicara apabila diperbolehkan baginya, seperti bertanya kepada pembicara atau menjawab pertanyaan penanya, serta hanya dengan mendengarkan dan memahami apa yang dikatakan pemateri atau orang yang memimpin forum. Keaktivan harusnya dimiliki setiap orang yang ada di dalam sebuah forum. Ada orang yang biasa aktif dalam sebuah forum, tetapi ada juga yang tidak. Keaktivan peserta di dalam forum juga bisa ditentukan oleh kemampuan berbicara sang pembicara. Semakin ahli pembicara dalam menyampaikan isi pikirannya, semakin aktif peserta. Orang yang dapat menjadi orang yang aktif, maka akan terbentuklah situasi yang kondusif dalam forum tersebut.. Tidak banyak orang yang aktif di dalam sebuah forum atau kegiatan termasuk saya. Saya bisa dikatakan jarang ikut aktif di dalam sebuah forum atau kegiatan yang banyak pesertanya. Pada LKMM Pra TD ini, penulis akan berusaha untuk lebih aktif.

Selanjutnya yaitu sikap tanggap. Untuk membentuk pribadi yang tanggap seorang mahasiswa harus mau memperhatikan lingkungan sekitarnya. Diharapkan seorang mahasiswa bisa menemukan dan mengenali permasalahan yang sedang terjadi. Di sinilah mahasiswa harus berani dan mau untuk turun tangan mencoba mengatasi permasalahan tersebut. Dengan membiasakan perilaku ini, mahasiswa bisa menjadi pribadi yang tanggap terhadap masalah yang sedang terjadi disekitarnya. Kemudian mahasiswa harus mulai memperluas perhatiannya terhadap hal-hal lain yang mencangkup lingkungan yang lebih besar seperti lingkup Negara dan bangsa yang nantinya akan erat sekali hubungannya dengan peran dan fungsi mahasiswa sebagai social control dan moral force. Dimana dengan memiliki pribadi yang tanggap mahasiswa dapat dengan cepat menemukan suatu penyimpangan yang akan atau sudah terjadi sebelum menjadi polemik di negeri ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar