About Me

Foto saya
I feel something is weird. Something is obsessing me. I like this, but I hate this.

Rabu, 21 Desember 2011

How to Make Mengenal Easy

Menurut cara pandangku dengan kegiatan yang dihadapi oleh para mahasiswa baru saat ini adalah mengenal teman-temannya. Di mana tugas ini diberikan oleh para kakak angkatannya untuk kebaikan para mahasiswa baru ini. Memang hal ini sangat baik di mana para mahasiswa baru yang memang berada pada masa transisi akan menjadi orang yang memiliki level lebih tinggi dan menjadi masyarakat yang merupakan entitas tertinggi. Hal ini pasti membuat kita mau tidak mau bekerja dalam kelompok. Sehingga sewajibnya kita harus mengenal seluruh anggota kelompok.

Di sini hal yang paling susah dilakukan oleh para mahasiswa ini adalah mengingat para temannya. Padahal itu adalah temannya sendiri, sehingga memang sungguh ironi jika kita tidak mengenal mereka. Nah, saya menemukan ide
di mana hal ini saya adopsi dari sebuah kata-kata bijak salah seorang presiden Amerika. Kata-katanya adalah "Jangan Tanyakan Apa yang Bisa Dilakukan Negerimu Untukmu, Namun Pikirkanlah Apa yang Bisa Kamu Lakukan Kepada Negerimu."

Walaupun agak tidak nyambung, namun saya memikirkan cara yang paling efektif dalam berkenalan ini. Sebenarnya otak kita akan cenderung menyimpan hal-hal yang menarik perhatian kita, dan yang sering kita simpan seperti ini bukanlah hal-hal yang sengaja ingin kita ingat. Namun kebanyakan hal-hal spontan yang terjadi, atau hal-hal di luar kebiasaan yang ada di lingkungan kita. Sehingga cara paling efektif adalah seharusnya ditekankan pada orang yang menyampaikan tentang dirinya bukan pada orang lain yang berusaha mengingat atau mengenalnya. Nah, berarti di sini masalah sebenarnya adalah pada orang yang menyampaikan jati dirinya. Jika dalam menyampaikan tentang dirinya dengan pendekatan yang berbeda dengan orang lain dalam menyebutkan tentang diri maka orang lain akan lebih ingat dia yang berbeda dari lainnya. Orang yang berbeda dan cenderung lebih unik ini pasti akan banyak diingat oleh teman-temannya. Dan bisa dibayangkan jika semua orang melakukan hal yang berbeda setiap melakukan perkenalan, otak kita akan membaca mereka berbeda-beda, dan lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam memori kita.

Dapat diambil kesimpulan bahwa dalam mengenal, seharusnya orang yang memperkenalkan diri yang seharusnya lebih bekerja secara keras. Sehingga semua orang dapat mengingatnya dengan mudah.

10 komentar:

  1. Intinya kita harus bisa tampil beda ya supaya diingat?
    Enak kayak kmu, bdanmu itu mudah diingat...
    Wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. saya puny tips, sblm knlan tampar dulu orgnya pasti akan sngt berkesan

    BalasHapus
  3. Pantas nama anda Zainu Lalim

    BalasHapus
  4. Daripada di tampar mending d cium ae ... wkwkwkwk lebih sopan

    BalasHapus
  5. boleh.deh tipsnya..
    tapi kan memang setiap orang selalu punya ciri khas jadi beda..

    BalasHapus
  6. yupzzzzz
    super sekali...
    berani beda itu baik...

    BalasHapus
  7. Lek memory ne penuh di GC aja ya :P

    BalasHapus