About Me

Foto saya
I feel something is weird. Something is obsessing me. I like this, but I hate this.

Sabtu, 10 Desember 2011

Reportase LKMM pra TD IV FTIf Hari Pertama

Hari pertama LKMM pra TD yang dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 20111 berlangsung sangat meriah. terlihat dari antusiasme para mahasiswa terhadap materi yang diberikan. Para mahasiswa yang mula-mula sedidit was-was karena beranggapan bahwa acara akan sama dengan pengkaderan, mulai merubah mindset mereka. Pra TD yang diberikan ini justru menambah pengetahuan dan motivasi para mahasiswa. Pada Pra TD ini mahasiswa diberi materi yang yang dapat meningkatkan kemampuan diri mahasiswa dan manajemen diri mahasiswa. Banyak mahasiswa yang justru ingin segera melakukan pra TD lagi. Memang panitia LKMM pra TD ini patut berbangga karena keberhasilan mereka dalam menggelar acara ini.


Pada hari pertama LKMM pra TD ini, peserta hanya diberikan materi dan simulasi. Materi ini tentu untuk menambah ilmu para mahasiswa. Selain itu mahasiswa juga diberi simulasi untuk mengimplementsikan apa yang telah mereka dapat. Penyajian materi sangat bagus karena panitia memanggil pemateri yang benar-benar berkompeten pada setiap sesinya. Sehingga para mahasiswa lebih mudah mencerna materi yang diberikan.

Materi yang diberikan pada hari pertama LKMM pra TD ini antara lain ; persepsi, berpikir logik, mendengar aktif, berbicara efektif, A.K.U. Materi-materi tersebut merupakan materi yang sangat erat kaitannya dengan tema LKMM pra TD kali ini yaitu PATRIOT.

Pada materi pertama tentang "Persepsi". Persepsi itu sendiri adalah kesan kita terhadap sesuatu. Suatu persepsi dapat dikatakan baik jika persepsi itu mampu melihat keadaan secara keseluruhan. Suatu persepsi itu tidak bisa disalahkan walaupun dia bernilai salah.

Materi kedua tentang "Berpikir Logis". Banyak hal yang mempengaruhi proses berpikir kita, antara lain; Data, Pengamatan, Pengalaman, Persepsi. sementara yang dapat membuat kita salah dalam berpikir adalah karena ; terbawa perasaan, ambiguitas, penalaran yang salah,dan ketidak sesuaian data dengan kenyataan.

Materi ketiga tentang "Mendengar Aktif". Mendengar Aktif adalah mendengar dengan intensitas, empati, penerimaan dan kesediaan untuk bertanggung jawab.

Materi keempat tentang "Berbicara Efektif". Berbicara Efektif adalah kemampuan menyampaikan maksud dan tujuan dengan sistematis, jelas, padat, lugas, mudah dipahami oleh dengan sempurna.

Materi terakhir untuk "AKU". AKU ini adalah singkatan dari ambisi, kenyataan, dan usaha.

Sekian reportase tentang LKMM pra TD IV FTIf Hari Pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar