About Me

Foto saya
I feel something is weird. Something is obsessing me. I like this, but I hate this.

Rabu, 14 Desember 2011

Prinsip Gue


Pada posting saya kali ini saya akan membahas tentang prinsip hidup saya. Tentu saja tulisan ini hanya berbentuk opini. Ini hanyalah sebuah persepsi. Dimana persepsi kita ini bukanlah sesuatu yang benar, tetapi juga bukan sesuatu yang salah. Dan tulisan yang akan saya tulis ini mungkin adalah sikap egois saya yang mungkin jika terjadi maka bisa merubah hidup banyak orang.


Pada dasarnya prinsip saya adalah “Perlakukan orang lain sebagaimana kamu memperlakukan orang lain”. Memang kata-kata ini terlihat simple, namun sesungguhnya ada arti mendalam di dalamnya. Walaupun ini adalah prinsip saya, namun saya sendiri belum bisa melakukan hal ini secara konsisten, dan terus-menerus. Sebenarnya hal ini juga bukanlah hal yang bisa secara mudah dilakukan oleh semua orang. Karena memahami orang lain itu benar-benar sangat sulit dan membutuhkan latihan.

Dalam prinsip saya ini kita dituntut agar bisa mengetahui jalan pikir orang lain. Di sinilah poin tersulitnya, di mana jalan pikir orang lain bisa sangat bertentangan dengan apa yang kita pikirkan. Jadi untuk tetap mendapatkan suatu hasil dari pemikiran yang bertolak belakang ini, kita kembali memikirkan apa yang orang tersebut pikirkan. Kita harus dapat memikirkan masalah ini dari sudut pandang orang tersebut. Kita juga tidak boleh secara serta merta menghakimi bahwa pendapat orang tersebut salah. Namun jika kita mampu berpikiran seperti apa yang dipikirkan oleh orang lain maka kita juga bisa dapat mengubah jalan pikirannya namun hasilnya akan diterima oleh orang tersebut karena yang kita pikirkan juga berdasarkan pendapatnya.

Nah jika kita sesama manusia bisa saling melakukan hal yang demikian, maka tidak akan ada lagi masalah emosional di mana semua orang hanya memikirkan tentang dirinya sendiri. Sekali lagi saya katakan bahwa sikap ini lebih tinggi derajatnya dari pada hanya saling menghargai. Selain itu jika sikap ini bisa kita bawa tentu negara ini akan lebih maju dari sekarang. Di mana permasalah yang kita hadapi di negeri ini sesebenarnya hanyalah permasalahan moral di mana sesama manusia tidak mau saling menghargai.

3 komentar:

  1. komentar diatas adalah contoh hal yang sangat bertentangan dengan prinsip saya

    BalasHapus
  2. eh aku g mudeng karo konsep gue,
    nang java angel pek gawe Gue , joptions dan sabagainya :D

    BalasHapus