About Me

Foto saya
I feel something is weird. Something is obsessing me. I like this, but I hate this.

Sabtu, 17 Desember 2011

Reportase tantang Sistem Informasi ITS


Si atau Sistem Informasi adalah salah satu jurusan yang ada di ITS. Jurusan ini termasuk dalam Fakultas Teknologi Informasi FTIf. Di mana di FTIf SI berdampingan dengan Teknik Informatika. Namun kampus SI sendiri tidak berdekatan dengan Teknik Informatika. Kampus SI ini justru berdekatan dengan komplek D3 dan Teknik Indostri. Bahkan dengan Teknik Industri ini, kampusnya jadi satu. Memang agak patut disesali karena sebenarka kampus Teknik Informatika sendiri dapat diisi juga dengan Sistem Informasi.


Walaupun kampus ini sedemikian rupa keadaannya, ketua jurusan yang sekarang telah berusaha membenahi keadaan SI agar menjadi semakin baik. Sekarang telah dibangun tempat yang lebih baik bagi bapak penjaga parkir, dan tempat yang teduh di kawasan gazebo depan. Benar-benar menjadikan kawasan ini menjadi lebih teduh. Selain itu keindahan kampus ini juga terlihat dari kawasan Garden yang biasa digunakan untuk perkuliahan KI atau Ketrampilan Interpersonal outdoor. Selain itu kelas-kelas dalam kampus ini juga masih masuk dalam standar hunian mahasiswa. Di mana di setiap ruang sudah dipasang AC walaupun tidak sebagus yang ada di Teknik Informarika ruangannya.

Sistem Inforamsi sendiri sebenarnya adalah jurusan yang menangani tentang IT. Namun berbeda dengan Teknik Informatika yang goal dari jurusan ini adalah kebanyakan menjadi seorang programming. Sistem Inforamasi  lebih menekankan ke manajemen perangkat IT. Jadi lulusan Sistem Informasi ini dapat menjadi seorang bisnisman IT.

Uniknya lagi di Sistem Informasi ini, kita diajari bagaimana menjadi seorang manager. Hal ini sangat tercermin pada mata kuliah Ketrampilan Interpersonal. Di mana kita diajari team building di dalamnya. Tentu saja akan tertanamkan mindset bahwa jika kita bisa menjadi peminpin, mengapa kita harus menjadi bawahan. Hal ini tentu harus ditingkatkan mengingat lawan kita ITB sudah lebih dahulu mengutamakan konsep ini dari pada ITS. Sehingga SI adalah jurusan pertama yang akan mengubah sejarah ITS ke depannya.

4 komentar: