About Me

Foto saya
I feel something is weird. Something is obsessing me. I like this, but I hate this.

Jumat, 16 Desember 2011

Reportase Communication Skill For Public Speaking


Posting saya kali ini merupakan reportase dari acara Communication Skill For Public Speaking yang diadakan pada jum’at, 16 Desember 2011 di Sistem Informasi ITS. Acara ini dibawakan oleh dua public speaker yang sudah merupakan ahli di bidangnya. Mereka adalah Dista Nugraha dan Ulin Rostiti. Kedua pembicara ini menerangkan tentang “Comunication Skill  Bagaimana Kita Menempatkan Komunikasi Kita dengan Tepat”.


Pembukaan yang meriah dilakukan oleh mas Dista Nugraha sehingga para audiens tertarik untuk melihat tentang presentasi ini lebih lanjut. Pendalaman materi dan tanya jawab sangat terasa karena mereka ini memang dari bidang komunikasi. Pertama mas Dista menjelaskan tentang “Comunication  is Everything”. Komunikasi itu menginformasikan sesuatu. Komunikasi itu memberitahu yang ada dalam benak pikiran. Komunikasi itu persepsi dari penerima informasi tidak boleh salah. Komunikasi itu mengerti dengan apa yang akan dikomunikasikan.

Dijelaskan pula beberapa faktor dalam berkomunikasi yaitu komunikator,komunikan, message, media dalam berkomunikasi, feedback. Sekarang ini merupakan jamannya komunikasi dengan langsung. Maksudnya adalah dimana komunikator akan langsung mendapatkan feedback atau respons dari audiensnya.

Seni dalam berkomunikasi juga dijelaskan dalam presentasi kali ini. Seni dalam berkomunikasi maksudnya adalahdalam berkomunikasi harus bisa menyampaikan dengan nyaman dan tidak membosankan. Komunikasi bisa sangat mempengaruhi. Menjadikan sisi positif menjadi menarik & menjauhkan sisi negative menjadi sebuah cela.

Kemudian inti dari Public Speaking yaitu berkomunikasilah yang baik dengan orang lain, terutama pada saat di depan umum dan menjadi center of attention . Dan beberapa kendala dalam public Speaking tidak memahami benar apa yang akan disampaikan , memahami, tapi tidak mampu ,menyampaikan ,pengendalian diri.

Mungkin hanya beberapa hal kecil itu saja yang disampaikan oleh Dista dan Ulin yang sungguh-sungguh dapat membangun motivasi kita dalam public speakiing.


6 komentar:

  1. Ada nggak cara berbicara di depan sapi??

    BalasHapus
  2. Jangan lupa kunjungi blogku komen juga..
    alim92-si.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Bang jay setres ta ?
    emang bisa ngomong sama sapi ?

    BalasHapus
  4. untuk zainul ya
    kita khan tidak mungkin bicara dengan sesuatu yang tidak berakal

    BalasHapus
  5. tapi nyatanya ada burung yg niruin suara manusia

    BalasHapus
  6. itu khan cuma niru
    bukan mengajak berkomunikasi

    BalasHapus